Pungutan di Sekolah Sambut Tahun Ajaran Baru

Pungutan di Sekolah Sambut Tahun Ajaran Baru – Pungutan di sekolah umumnya hasil kongkalikong antara pihak sekolah dengan Komite sekolah. Permendikbud tidak dapat menyentuh praktek haram ini di sekolah. Dan SK menteri tentang Komite sekolah pun menjadi celah pelaksanaan berbagai pungutan yang dilakukan oleh sekolah.
Pungutan di sekolah yang menjadi domain lembaga itu dapat berupa pungutan yang berkedok buku ajar yang terkesan diwajibkan, topi seragam, seragam osis dan pramuka yang harus dibeli dari sekolah dengan alasan model dan bahan yang disamakan, dasi, ikat pinggang yang harus sama satu sekolah, kalendar sekolah yang harus dibeli meskipun di rumah para siswa sudah memiliki banyak kalendar gratis, dan pungutan lain yang kadang bila kita pikirkan sekolah sekarang itu lebih mirip seperti lembaga usaha dagang. Selain itu, keuntungan-keuntungan pribadi oleh individu yang bermain pun dapat kita temui.
Orang tua siswa hanya dapat pasrah menghadapi maraknya pungutan yang tentunya menjadi beban mereka. Bila ditilik pungutan yang dilakukan sekolah itu menjadikan lembaga pendidikan ini semacam usaha dagang semata.

Read More

  1. No trackbacks yet.

drop your comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: